Haii teman-teman, disini saya akan memposting tentang Input Output Device. Silahkan simak dengan baik-baik! :)
Perangkat input berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.Beberapa contoh perangkat input :
1. Keyboard
Keyboard |
Keyboard QWERTY yang umumnya digunakan memiliki 4 bagian yaitu :
a. Typing Keys
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol
ini sama dengan tuts pada mesin ketik yang terdiri atas alphabet (A-Z) dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
Ø Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi kursor.
Ø Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor 1 tabulasi ke kanan
Ø Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter di kiri kursor.
Ø Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indikator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
Ø Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
Ø Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
Ø Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar.
Ø End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja.
Ø Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan karakter.
Ø Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan kursor 1 layar ke atas.
Ø Page Down
Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursor 1 layar ke bawah.
b. Numeric Keys
Tombol ini terletak disebelah kanan keyboard. Tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
c. Function Keys
Tombol Function Keys terletak pada baris paling atas yang terdiri dari F1 sampai dengan F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
d. Special Function Keys
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan Ctrl dan arrow key.
Ø Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi kursor.
Ø Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor 1 tabulasi ke kanan
Ø Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter di kiri kursor.
Ø Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indikator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
Ø Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
Ø Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
Ø Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar.
Ø End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja.
Ø Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan karakter.
Ø Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan kursor 1 layar ke atas.
Ø Page Down
Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursor 1 layar ke bawah.
b. Numeric Keys
Tombol ini terletak disebelah kanan keyboard. Tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
c. Function Keys
Tombol Function Keys terletak pada baris paling atas yang terdiri dari F1 sampai dengan F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
d. Special Function Keys
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan Ctrl dan arrow key.
Cara Kerja
Keyboard:
1) Ketika tombol ditekan, tombol tersebut akan menekan sebuah karet yang ada dibawah tombol tersebut.
2) Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mana akan mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan.
3) Sinyal yang ditransmisikan berbentuk kode-kode biner.
4) Data yang berbentuk biner tersebut akan digenerate oleh chip komputer.
5) Setelah digenerate akan ditampilkan kembali menjadi tampilan asli berbentuk huruf pada layar monitor.
1) Ketika tombol ditekan, tombol tersebut akan menekan sebuah karet yang ada dibawah tombol tersebut.
2) Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mana akan mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan.
3) Sinyal yang ditransmisikan berbentuk kode-kode biner.
4) Data yang berbentuk biner tersebut akan digenerate oleh chip komputer.
5) Setelah digenerate akan ditampilkan kembali menjadi tampilan asli berbentuk huruf pada layar monitor.
2. Mouse
Mouse |
Mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang
terhubung ke komputer baik melalui kabel / nirkabel. Fungsi mouse adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat, dapat sebagai perintah praktis
dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal
sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface), Mouse
terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse PS2, USB, dan Wireless.
Walaupun saat ini keberadaan mouse sudah banyak tergantikan dengan perangkat
touchpad dimana semua fungsi dari mouse bisa dilakukan dengan menggunakan
touchpad ini, namun masih lebih banyak user yang lebih memilih menggunakan
mouse daripada touchpad.
3. Scanner
Scanner |
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk
meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer. Dari memori computer, selanjutnya disimpan dalam harddisk ataupun
floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya
adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat
melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik
dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat
pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer
adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada
ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang
disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di
pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau foto dan biasanya juga
dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk meng-copy
atau menyalin objek dalam bentuk teks. Saat ini telah dikembangkan scanner
dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti
mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir
seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus
dijawab menggunaan pensil 2B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti
pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
Barcode Reader berfungsi untuk membaca suatu kode
yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan
dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk
makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
5. Joystick
Joystick |
Tuas kontrol atau Tuas Kendali (joystick) adalah alat
masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat
ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat
ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang
dilengkapi lebih dari satu tombol. Tuas kendali telah menjadi alat kontrol
utama pada kokpit pesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer,
baik sebagai tuas utama ataupun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga
digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamera
pengawas dan mesin pemotong rumput.
6. Kamera Digital
Camera |
Kamera Digital adalah kamera dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Perangkat Output adalah sebuah perangkat keras yang berperan sebagai media penerjemah informasi yang dihasilkan oleh proses komputer. Dengan Output device maka komputer dapat menyampaikan hasil dari sebuah proses data kepada manusia sebagai pengguananya. Informasi yang disampaikan bisa dalam bentuk visual yang terlihat oleh mata melalui layar, terdengar oleh telinga atau tergambar/tertulis.
Beberapa contoh perangkat output :
1. Monitor
1. Monitor
Monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer tersebut, maka dari itu monitor juga sering disebut sebagai layar tampilan komputer. Ketajaman gambar yang ditampilkan pada sebuah layar monitor sangat ditentukan oleh resolusi. Tipe-tipe layar atau monitor komputer sekarang sangat beragam, mulai dari bentuknya yang besar yang memiliki layar cembung sampai dengan monitor yang berbentuk tipis dengan layar datar (flat). Ada beberapa jenis atau tipe monitor yaitu CRT dan LCD.
Monitor CRT |
Monitor LCD |
Gambar yang dihasilkan dari monitor CRT biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya (resolusi) akan semakin tajam gambar yang diperoleh. Jarak antar piksel disebut dot pitch dengan satuan milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang.Sedangkan monitor LCD adalah monitor yang tipis, tersusun dari beberapa piksel warnaatau piksel monokrom yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor. LCD sangat hemat energi dan tidak makan tempat. Karena kehematannya, LCD bisa digunakan dengan sumber daya baterai.
2. Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak. Hasil cetak bisa berupa karakter, tulisan, simbol maupun gambar disebut hard copy. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray, tray adalah tempat menaruh kertas di printer. Tinta / toner adalah bahan pencetaknya. Perbedaan toner dengan tinta adalah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan sebelum mencetak, sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan. Sedangkan cartridge adalah alat pencetaknya.
3. Plotter
Plotter |
Plotter adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak gambar jenis vektor yang terdiri dari titik-titik koordinat yang membentuk sebuah gambar. Secara fungsi sama dengan printer tapi cara kerja proses cetaknya berbeda Dengan menghubungkan plotter ke komputer, berbagai bentuk gambar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas tinggi.
4. Speaker
Speaker |
Speaker adalah perangkat output yang menghasilkan bunyi baik itu dalam bentuk musik maupun suara. Speaker terhubung melalui sebuah kabel yang ditancapkan pada sound card (perangkat pengolah suara).
Sekian postingan saya, maaf apabila ada kesalahan dalam postingan saya ini, :)
Nama : Yunita Wulandari
No : 36
0 komentar:
Posting Komentar