Sistem Bilangan

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hai teman-teman, kali ini, saya ingin sedikit berbagi tentang Sistem Bilangan pada Komputer... Happy Reading...

SISTEM BILANGAN

Sistem Bilangan


Sistem bilangan  adalah sebuah  kumpulan dari simbol yang menjelaskan ulang sebuah bilangan. Numerik berbeda dengan angka. Simbol “6″, “enam” and “VI” adalah numerik yang berbeda, tetapi menjelaskan ulang sebuah angka yang sama. Sistem bilangan ini biasa digunakan pada komputer untuk berkomunikasi dan berbagi daya dengan komputer lain.
Komputer memiliki 3 sistem bilangan, yaitu :
1.       Desimal 
Desimal adalah sistem bilangan yang menggunakan 10 macam angka dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Karena 10 dan 11 mengandung 2 angka desimal, maka 10, 11, dst. bukan termasuk angka desimal.

2.       Biner
Biner adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17. Sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital.
Dari sistem biner, kita dapat mengubahnya ke sistem bilangan Oktal atau Hexadesimal. Sistem ini juga dapat kita sebut dengan istilah Binary Digit. Pengelompokan biner dalam komputer selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte. Dalam istilah komputer, 1 Byte = 8 bit. Kode-kode rancang bangun komputer, seperti ASCIIyang sering kita gunakan, American Standard Code for Information Interchange menggunakan sistem peng-kode-an 1 Byte.
Untuk konversi bilangan desimal ke biner, angka desimal dibagikan angka 2 hingga angka decimal menjadi 0.
Contoh konversinya yaitu :

 konversi biner
Konversi Desimal ke Biner
                  

3.       Oktal
Oktal adalah sebuah sistem bilangan berbasis delapan. Simbol yang digunakan pada sistem iniadalah 0,1,2,3,4,5,6,7. Konversi Sistem Bilangan Oktal berasal dari Sistem bilangan biner yang dikelompokkan tiap tiga bit biner dari ujung paling kanan (LSB atau Least Significant Bit). Cara konversinya sama dengan biner. Akan tetapi, angka desimalnya dibagikan dengan angka 8.
Contoh konversinya yaitu :

 konversi oktal
Konversi Desimal ke Oktal
               

4.       Hexadesimal
Heksadesimal adalah sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol. Berbeda dengan sistem bilangan desimal, simbol yang digunakan dari sistem ini adalah angka 0 sampai 9, ditambah dengan 6 simbol lainnya dengan menggunakan huruf A hingga F.
Yaitu:

10 adalah A
11 adalah B
12 adalah C
13 adalah D
14 adalah E
15 adalah F

Sistem bilangan ini digunakan untuk menampilkan nilai alamat memori dalam pemrograman komputer. Konversi Sistem Bilangan Hexadesimal berasal dari Sistem bilangan biner yang dikelompokkan tiap 4 bit biner dari ujung paling kanan (LSB atau Least Significant Bit). Konversinya sama dengan desimal dan biner. Tetapi juga, desimalnya dibagikan dengan 6.
Contoh konversinya yaitu :
             
 konversi hexadesimal
Konversi Desimal ke Hexadecimal


Sekian info tentang Sistem Bilangan, semoga bermanfaat… :)

Posted By :
Fatikhah Ayu Anjasmara | 12 | X-11 Multimedia 1 | 2014

0 komentar:

Posting Komentar