POWER SUPPLY

Pengertian Power Supply


Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung yang berfungsi untuk mengubah tegangan dari arus AC (bolak-balik ) menjadi tegangan DC (arus searah). karena hardware komputerhanya dapat beroperasi dengan arus DC. Komponen yang memerlukan tegangan misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll.

Fungsi power supply yang kurang baik/rusak dapat menghasilkan tegangan DC  yang tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen computer, misalnya Harddisk.

Cara kerja power supply tidaklah sesulit yang kita lihat, kita hanya cukup menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang disebut power good. Berikut gambar dari power supply.

Power Supply Nadak

Jenis power supply

1. Power Supply AT (Advanced Technology)
Power Supply AT (Advanced Technology) Mempunyai 2 konektor power (P8 dan P9) yang dihubungkan ke motherboard, sehingga pada saat memasang konektor power tersebut harus sangat hati-hati agar tidak terbalik. Cara pemasangan konektor power AT yaitu dengan melihat kabel yang berwarna hitam dari kedua konektor tersebut (P8 dan P9), kemudian jika disejajarkan kabel hitam dari kedua konektor tersebut akan saling bertemu jika kedua konektor disatukan. Pada power supply jenis ini ada tombol ON/OFF yang langsung dihubungkan ke casing komputer sehingga untuk menyalakan maupun mematikan komputer kita harus menekan tombol power tersebut. Sekarang jenis Power Supply ini jarang ditemukan karena jenis ini digunakan pada masa Pentium II dan Pentium III. Berikut gambar power supply AT. 

2. Power Supply ATX 
Power Supply ATX (Advanced Technology Extended) jenis terbaru yang memiliki jumlah 20 pin dan paling banyak digunakan saat ini. Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya, jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard. Dalam pemasanganya sangat jarang terjadi kesalahan karena jika pemasangan terbalik maka konektor dengan port yang ada pada motherboard tidak menyatu, hanya saja syaratnya jangan memaksakan untuk menancapkan jika konektor tidak bisa masuk. Power supply ini dilengkapi dengan power switch atau auto shutdown sehingga untuk mematikan komputer anda hanya perlu mengeklik perintah shutdown pada komputer tanpa harus menekan tombol power pada komputer. Power supply jenis ini dipakai untuk komputer Pentium III hingga sekarang. Berikut adalah gambarnya.
Power Supply AT Nadak
3. Battery Power Supply
Merupakan power supply yang biasa digunakan pada portable computer (laptop)
4. Uninterruptible Power Supply(UPS)
Merupakan power supply yang mempunyai fungsi lebih yaitu sebagai penyimpan cadangan listrik. Apabila terjadi mati listrik, komputer tidak akan langsung mati untuk sementara waktu sehingga data yang belum disimpan (save) tidak langsung hilang.
 
Jenis konektor kabel Power Supply

Jenis Kabel PSU Nadak


1.      Konektor 20/24 pin ATX Motherboard (sebagai sumber daya utama motherboard)
Konektor 20/24 pin Nadak

2.     Konektor 4 pin peripheral power connector/Molex (untuk periferal seperti Hardisk, CD-ROM, Kipas)
Konektor 4 pin Nadak

3.      Konektor 4/8 pin 12V (untuk motherboard server)
Konektor 4/8 pin Nadak

4.     Konektor 6-pin PCIe  (untuk kartu grafis jenis PCIe)
Konektor 6 pin Nadak

5.      Konektor floppy (untuk floppydisk drive)
Konektor floppy Nadak

6.      Konektor SATA (untuk hardisk / optical drive berjenis sata)
Konektor SATA Nadak



By : Ana Nadak 01/X.12/2014

0 komentar:

Posting Komentar